Pengertian Manajemen Pemasaran
Seluruh perusahaan menginginkan bahwa
seluruh kegiatan yang dijalankan berjalan dengan baik, berkembang dan
mendapatkan laba yang maksimal. Langkah untuk mencapai hal tersebut
diperlukan pengelolaan yang baik dalam melaksanakan seluruh kegiatan
pemasaran, pengelolaan dalam rangka melaksanakan kegiatan tersebut yang
dikenal dengan istilah manajemen pemasaran.
Pada kesempatan kali ini akan membahas
lebih jauh mengenai pengertian dan bagaimana strategi pemasaran yang
baik. Akan tetapi alangkah lebih baiknya anda mengetahui terlebih dahulu
apa itu pengertian pemasaran.
Pengertian Manajemen Pemasaran
Pada dasarnya manajemen itu terdiri atas
perancangan dan pelaksanaan rencana-rencana. Dalam membuat suatu
perencanaan, dibutuhkan kemampuan untuk membuat strategi dan rencana.
Untuk rencana jangka panjang maka dibutuhkan waktu yang lebih banyak.
Sedangkan untuk pelaksanaan rencana tersebut, dia harus mendelegasikan
keputusan-keputusannya yang rutin dilakukan setiap hari kepada para
bawahan.
Secara umum manajemen mempunyai tiga tugas pokok, yaitu :
- Mempersiapkan rencana/strategi umum bagi perusahaan
- Melaksanakan rencana tersebut
- Mengadakan evaluasi, menganalisa dan mengawasi rencana tersebut dalam pelaksanaannya. (untuk mengukur hasil dan penyimpangannya serta untuk mengendalikan aktivitas).
- Menurut Philip Kotler
Manajemen pemasaran adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program yang ditujukan untuk mengadakan pertukaran dengan pasar yang dituju untuk mencapai tujuan organisasi. - Menurut American Marketing Association
Dalam Kotler dan Susanto (2000), mendefinisikan manajemen pemasaran sebagai proses perencanaan dan pelaksanaan dari perwujudan, pemberian harga, promosi dan distribusi dari barang-barang, jasa dan gagasan untuk menciptakan pertukaran dengan kelompok sasaran yang memenuhi tujuan pelanggan dan organisasi. - Menurut Assauri (1999)
Manajemen pemasaran merupakan kegiatan penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian program-program yang dibuat untuk membentuk, membangun dan memelihara keuntungan dari pertukaran melalui sasaran pasar guna mencapai tujuan organisasi dalam jangka panjang.
Untuk membuat suatu rencana, fungsi
penganalisaan sangat penting agar rencana yang dibuat dapat lebih matang
dan tepat. Penerapan merupakan kegiatan untuk menjalankan rencana.
Fungsi pengawasan adalah untuk mengendalikan segala macam aktivitas agar
tidak terjadi penyimpangan.
Manajemen pemasaran terjadi apabila salah satu pihak dari pertukaran
sosial memikirkan cara untuk mendapatkan tanggapan dari pihak lain
sesuai yang dikehendakinya. Demikianlan ulasan mengenai pengertian manajemen pemasaran semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar